Posted by : Muhammad Irsyad Adhiana Tanjung Kamis, 21 November 2013


Jumpa lagi dengan My Blog tentunya di irsyadadhiana.blogspot.com yang membahas masalah seputar kehidupan sehari-hari. Ok. Hari ini My Blog akan sedikit mengupas tentang "Cara Belajar yang Nyaman". Sebagian dari pembaca My Blog mungkin masih bersekolah atau masih kuliah, dalam sekolah dan kuliah tentunya anda akan menjumpai yang namanya belajar. Ya mungkin belajar tentang materi pelajaran ataupun yang lainnya. Terkadang, jika terlalu lama belajar kita akan sedikit bosan. Nah, oleh karena itu My Blog akan memberikan tips agar belajar nyaman. Ok, langsung saja cekidot :
  1. Manage atau atur waktu belajar anda setepat mungkin. Hal ini berguna  agar Anda dapat disiplin dengan waktu. Untuk mengatur waktu belajar, Anda dapat membuat daftar atau jadwal kegiatan sehari-hari. Dalam sehari, sisihkan waktu untuk belajar setidaknya 1 jam. 1 jam merupakan waktu minimal untuk belajar dalam satu hari. Belajar yang terlalu lama juga dapat membuat Anda merasa bosan.     
  2. Belajarlah secukupnya saja, belajar tidak perlu banyak-banyak,asalkan paham mengenai materi yang sedang dipelajari.
  3. Selingi waktu belajar Anda dengan berbagai kegiatan yang merefresh pikiran anda. Seperti mendengarkan musik yang disukai, menonton film, dan hal-hal lain yang dapat membuat pikiran menjadi fresh. Refreshing juga dapat Anda lakukan pada saat hari Minggu atau hari libur saat tidak masuk sekolah atau universitas. Saat hari libur itu, Anda dapat pergi ke luar untuk mencari udara segar. Pergilah ke tempat-tempat yang enak untuk dikunjungi seperti Objek Wisata Alam,Pemandian/Kolam Renang, dan tempat-tempat lain yang dapat membuat Anda rileks.
  4. Carilah sumber informasi selain dari buku. Sumber lain dapat diperoleh melalui website, televisi, radio, dan media cetak. Siapa tahu saja Anda lebih mudah menerima pelajaran dari sumber-sumber tersebut.
  5. Jika Anda masih merasa kebingungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Anda juga dapat bertanya kepada teman Anda yang sudah tahu atau bisa juga Anda mengadakan kerja kelompok bersama teman Anda untuk membahas tentang materi pelajaran yang Anda rasa masih membingungkan. 
  6. Selain mengadakan kerja kelompok, Anda juga dapat bertanya langsung kepada guru Anda tentang materi pelajaran yang Anda rasa masih membingungkan. Biasanya guru akan menjawab pertanyaan dari Anda. 
  7. Anda harus punya motivasi yang terus memacu semangat Anda agar lebih terpacu lagi dalam belajar. Motivasi dapat berupa keinginan yang ingin dicapai, cita-cita yang diimpikan, dan lainnya. Dengan motivasi, semoga Anda dapat lebih terpacu lagi semangatnya dalam belajar.
  8. Setelah semua dilakukan, Anda harus selalu beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.                                                                             
Semoga pepatah ini menjadi semangat belajar bagi Anda :
1. ADA KEMAUAN, ADA JALAN
2. ADA USAHA, ADA HASIL
3. KEGAGALAN ADALAH KESUKSESAN YANG TERTUNDA
Semoga Anda dapat belajar dengan baik dan dapat meraih prestasi yang maksimal.
   

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Blog - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -